Rabu, 21 November 2012

Bandar Semporna, Kota Wisata Transit di Timur Negara Bagian Sabah-Malaysia

 
Bandar Semporna adalah sebuah Kota kecil yang terletak  sekitar 2 jam perjalanan dari kota Tawau, dan inilah kota yang lokasinya berada di sisi paling Timur  negara bagian Sabah-Malaysia. Bandar Semporna, menjadi kota  transit untuk melakukan perjalanan wisata menuju ke kawasan wisata unggulan Malaysia, yaitu pulau Mabul, pulau Kapalai, Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan yang diklaim sebagai  lokasi penyelaman terbaik di dunia. Khususnya Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan, merupakan pulau yang sempat menjadi pemicu konplik antara Indonesia-Malaysia, sebelum akhirnya Mahkamah Internasional menetapkan wilayah tersebut sebagai bagian dari wilayah Malaysia.
Dibandingkan dengan kota Tawau, maka Kota Bandar Semporna lebih dikenal di kalangan pecinta wisata bawah laut, karena sebagai kota transit, dari kawasan tersebut aktivitas wisata penyelaman menuju pulau andalan di sekitarnya dicapai. Selain itu fasilitas penunjang wisata di kawasan tersebut sangat lengkap antara lain resort, hotel, penginapan, lodge dari yang kelas Backpacker sampai dengan tarif  kelas bintang tersedia.
Untuk dapat menjangkau  Bandar Semporna, dapat ditempuh dengan menggunakan jalur udara melalui Bandar Udara Tawau yang terletak 30 km dari kota Tawau atau sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandar Semporna.  Bandar udara Tawau merupakan bandar udara terbesar kedua setelah bandar udara yang terletak di kota Kinibalu, di negara bagian Sabah-Malaysia. Bandara Tawau  mengendalikan penerbangan domestik dari Kota Kinabalu, Sandakan dan Kuala Lumpur, serta penerbangan internasional ke Tarakan, Kalimantan Timur. Untuk trayek Tawau – Tarakan dapat menggunakan maskapai Maswings yang melayani penerbangan setiap hari pulang pergi, dengan biaya sekitar Rp. 500.000,-
DSC04887terminal sabindo tawauDSC04762
   Peta kawasan Semporna,                                                     Terminal Bus Sabindo Tawau                                           jadual Bus
Sedangkan perjalanan darat dari Bandara Tawau menuju Bandar Semporna, dapat ditempuh menggunakan bus mini dengan kapasitas penumpang 9 orang dengan tarif sekitar RM 10, atau naik bus terlebih dahulu ke terminal Sabindo Tawau dengan tarif RM 10, dari terminal Sabindo dapat dilanjutkan ke Bandar Semporna menggunakan bus dengan tarif RM 10. Jadual Bus dari terminal Sabindo ke Semporna tersedia sejak jam 07.30 pagi sampai jam 6 petang. Perjalanan Tawau ke Semporna ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam.
Bagi yang datang melalui jalur laut, maka Tawau adalah tujuan awal, dari Pelabuhan Tawau, gunakan taksi ke arah terminal Sabindo dengan tarif RM 2, atau cukup berjalan kaki sekitar 15 menit dengan acuan Mesjid Tawau yang berwarna hijau.  Lokasi terminal Sabindo terletak berdampingan dengan mesjid dengan kubah berwarna hijau tersebut.
Khususnya pelabuhan Penumpang Tawau, menjadi pelabuhan bagi kapal penumpang yang berasal dari wilayh Indonesia, seperti Tarakan dan Nunukan. Biaya transportasi antara Tarakan – Tawau menggunakan kapal cepat dengan tarif Rp. 170.000, dengan waktu tempuh 4 jam. Sedangkan jalur   datang melalui jalur Nunukan – Tawau dengan tarif Rp. 100.000, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
Untuk mengujungi destinasi wisata unggulan seperti Sipadan, Mabul, dan Kapalai, bila belum melakukan reservasi, silahkan kunjungi beberapa travel agen yang terletak di depan Pusat Pelancongan Lautan Semporna, di kawasan tersebt terdapat bangunan yang dibangun di atas laut. Dikawasan tersebut terdapat antara lain Pusat Informasi, Restoran, Dragon Inn Resort, pelabuhan speed boat untuk melayani tour dan beberapa bangunan travel agent yang melayani tour ke beberapa lokasi wisata unggulan di sekitar Bandar Semporna. Sipadan
Datanglah di  kawasan tersebut sebelum jam 7 pagi, karena tour akan berangkat sekitar jam 8 pagi.  Biaya untuk tour satu hari penuh dari jam 8 pagi dan kembali jam 4 sore, termasuk 2 kali makan, biaya transport speed boat, cofee/tea/mineral water,  2 kali snorkeling di sekitar pulau Mabul dan Kapalai dengan tarif RM 150.  Sedangkan untuk kegiatan Diving dikenakan tarif sekitar RM 250.
DSC02390bandar sempornaDSC04775DSC04827
Kawasan Pusat Informasi Wisata Semporna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar