Selasa, 08 Desember 2009

Pesona Luzern - Swiss

Lucerne (Jerman), Italian (Lucerna)  atau lebih populer dengan sebutan Luzern adalah sebuah kota yang terletak di bagian Tengah Negara  Swiss. Dari tingkat populasi penduduk, kota Luzern adalah kota terpadat di Swiss bagian Tengah, dengan jumlah populasi lebih dari 200.000 jiwa. Luzern terletak satu jam perjalanan di bagian Selatan kota Basel dan Zurich, dengan balutan pegunungan, sungai dan danau yang indah. Kota  Luzern dan kawasan sekitarnya  sudah lama menjadi salah satu dari lokasi objek kunjungan wisata terkenal di daratan Eropa, karena alasan tersebut dan aktivitas pariwisata telah menjadi sumber utama pendapatan ekonomi kota. Kota ini sangat menarik dari aspek geografis, karena di tengah kota mengalir sungai Reuss dan mengalirkan air dari danau Lucerna. Pada kedua sisi sungai terbentang banyak bangunan dengan arsitektur gothic dan fasad neoklasik, seperti bangunan rumah, gereja dan kapel, benteng menjadi gambaran perjalanan sejarah masa lalu kota Luzern.
Luzern memiliki luas wilayah 15,8 kilometer persegi (6.1 mil²). keseluruhan luas daerah, sekitar 37 % merupakan kawasan hijau untuk keperluan pertanian dan hutan. Sedangkan sisanya sekitar 63 % digunakan untuk permukiman dan infrastruktur jalan. Dengan kondisi alam seperti itu, maka kawasan Lucerne, tampak seperti kota yang dikelilingi dengan pegunungan yang dibaluti dengan kawasan yang hijau, danau yang bening, bentangan pertanian anggur dan peternakan sapi serta alam pedesaan yang segar.
luzern1
Luzern yang terletak di pusat negara Swiss ini adalah kota yang memiliki populasi terpadat di Swiss. Mulanya, Luzern adalah desa nelayan di tepi Danau Lucerne. Bermula dari komunitas kecil inilah hingga membentuk kota yang modern dengan tetap mempertahankan banyak bangunan dengan arsitektur klasik.  Sebagai kota yang terbelah oleh Sungai Reuss dan danau Luzern, maka kawasan ini memiliki banyak jembatan yang membentang menghubungkan sungai dan danau. Dan salah satunya yang sangat terkenal dan sampai kini menjadi salah satu daya tarik wisata Luzern, menjadi favorit para pelancong adalah Jembatan Kapel (Kapellbrücke).  Jembatan tersebut memiliki panjang 204 m, di mana awal pelaksanaan pembangunannya dilakukan pada tahun 1333. Di tengah danau berdampingan dengan jembatan terdapat menara air tua atau Wasserturm yang telah ada sejak  abad ke 13.  Bangunan menara air tersebut berbentuk persegi dengan atap berbentuk prisma persegi enam yang ujungnya runcing.   Bila berkesempatan menyusuri jembatan, pada tiang penyangga atap  terdapat  lukisan dari abad 17 yang mengisahkan sejarah kota Luzern. Menara air dan jembatan tua inilah yang menjadi landmark paling terkenal di kota Luzern. Panorama danau Luzern dengan jembatan kapel serta bangunan sekitarnya menjadi lebih menyatu dan terlihat sangat romantik bila kita mau bertahan sampai  menjelang matahari terbenam dan saat lampu penerangan jembatan dan lampu bangunan sekitar menyala. Dari tepi danau kita akan melihat pantulan cahaya dari air danau.
Lokasi lainnya yang perlu mendapat kunjungan adalah monumen Löwendenkmal atau Lion monumen, ini adalah karya seorang arsitek terkenal Bertel Thorvaldsen. Monumen ini terletak pada sebuah taman kecil di wilayah Lowenplatz. Monumen ini melukiskan seekor singa yang mati bersandar pada dua buah perisai. Salah satu perisai tersebut berlambang Swiss dan satu lagi berlambang kerajaan Prancis menjadi alasnya. Sangat jelas tergambar kesedihan yang tergambar pada wajah singa, dan pada tubuh singa tersebut tertancap sebuah tombak yang patah. Monumen tersebut dibangun sebagai penghormatan dan penghargaan atas kesetiaan dan pengorbanan dari ratusan jiwa tentara asal Swiss yang bertempur dan terbunuh tahun 1792 pada saat terjadinya revolusi Prancis akibat melindungi Istana Tuileries di Paris dari serbuan massa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar