Selasa, 01 Desember 2009

Kota Eilat, Mutiara Laut Merah

image
Eilat, nama kota yang tidak begitu populer dan jarang disebut di wilayah Israel. Kota ini berada di bagian paling Selatan Negara Israel, dan berbatasan langsung dengan Desa Taba Mesir, yang merupakan pintu gerbang perbatasan ke dua Negara. Jarak kota Eilat dengan lokasi border cek poin antara batas wilayah Mesir dengan Israel hanya sekitar 15 menit menggunakan Bus.  Di wilayah Israel, kota ini terletak di bagian Selatan Gurun Negev, berbatasan langsung dengan Desa Taba Mesir, dan Jordan di bagian Timur serta Arab Saudi di bagian selatan arah Timur.  Bagi Israel, posisi Eilat begitu penting baik dalam skala politik dan ekonomi.  Kota ini adalah kota yang berada di ujung utara Laut Merah, dengan posisi strategi tersebut menjadikan  kota Eilat merupakan pelabuhan penting bagi Israel untuk akses keluar masuk aktivitas perdagangan dan transportasi dari Laut Merah, karena itu Eilat adalah kota  pelabuhan, kota industri, kota perdagangan dan kota pariwisata yang sibuk di bagian Selatan Israel. Eilat berdasarkan data tahun 2007, memiliki penduduk sekitar 65.000 jiwa.
DSC00168DSC00172  
Eilat sebagai kota yang modern mulai dibangun sejak tahun 1950, pembangunan di mulai dengan membangun sebuah dermaga di lokasi kota yang baru.  Pembangunan pelabuhan tersebut terus berlanjut dan menjadi dasar  pembangunan di bidang industri dan perdagangan. Pertumbuhan ekonomi yang pesat tersebut diikuti dengan mulai tumbuhnya ekonomi berbasis pariwisata pada tahun 1960,  dan saat ini Kota Eilat  merupakan kota wisata paling populer di kawasan Laut Merah yang banyak dikunjungi oleh turis lokal dan Internasional. Kota Eilat memiliki iklim gurun yang kering, dan menyatu dengan suhu pantai yang hangat. Suhu udara dapat mencapai lebih dari  40 ° C (104 ° F) di musim panas, dan dapat turun sampai  18 ° C (64 ° F) di musim dingin, sedangkan suhu air berkisar antara 20 dan 26 ° C (68 dan 79 ° F).   Umumnya turis yang datang ke lokasi ini berasal dari  kawasan Eropa, kawasan Mesir, Jordan, Asia  dan Amerika.
Sebagai kota wisata, maka Eilat juga mempunyai daya tarik lainnya, yaitu  pantai yang indah dengan kelengkapan wisata yang lengkap, kehidupan malam dan aktivitas wisata alam lainnya untuk mengarungi gurun yang terletak di belakang kota Eilat.  Sebagai kota pantai, maka kota Eilat memiliki fasilitas untuk melihat secara langsung keunikan kehidupan perairan Laut Merah antara lain adanya fasilitas Underwater World Coral Observatorium, di lokasi ini para pengunjung dapat melihat secara langsung kehidupan laut di habitatnya sendiri.  Selain itu di sekitar pantai, kita juga dapat melakukan aktivitas scuba diving, dengan menyewa peralatan yang tersedia di sekitar pantai.  Sedangkan pada pantai bagian Utara lokasi Underwater World terdapat  Dolphin Reef, pada pantai ini pengunjung mendapat kesempatan untuk berenang dan berinteraksi dengan lumba-lumba di lokasi alaminya. Bagi yang berkeinginan untuk melakukan aktivitas menyusuri laut merah tersedia fasilitas marina dengan lebih dari 250 kapal layar dan pesiar.
   imageKalau kita berjalan di Kota dan kawasan pantai Eilat, banyak pemandangan yang indah yang kita temukan, namun pemandangan sangat jauh berbeda bila kita melihat ke belakang kota Eilat. Di bagian Belakang kota terbentang gurun gersang yang memanjang dari Selatan ke Utara. Tetapi di antara gunung-gunung yang terbuka, ada banyak titik-titik keindahan alam dan serta arkeologi dan situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Perjalanan ke kawasan tersebut dapat dilakukan   menggunakan unta atau  jeep wisata.
Sebagai kota wisata, Eilat menawarkan berbagai akomodasi - dari hostel sampai  hotel mewah.  Eilat terhubung ke seluruh Israel dan internasional melalui udara, jalan dan laut. Bandar udara Eilat terletak di pusat kota dan digunakan sebagian besar untuk penerbangan domestik. Penerbangan internasional sering menggunakan Bandar Udara Internasional Ovda sekitar 50 kilometer (31 mil) barat laut kota. Eilat memiliki dua jalan utama yang menghubungkan dengan pusat kota  Israel lainnya.  Ada dua penyeberangan perbatasan utama: di Taba Border Crossing ke Taba, Mesir dan Wadi Araba Penyeberangan ke Aqaba, Jordan. Sedangkan melalui  The Port of Eilat dan Eilat Marina memungkinkan perjalanan melalui laut.
Ingin menikmati suasana hangat laut merah dan kota pantai yang nyaman, kunjungi Eilat. (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar