Jumat, 11 Desember 2009

Pesona Kota Festival Edinburgh

UK map Scotland terletak di bagian utara Negara Inggris, di kawasan tersebut ada 2 Kota yang cukup besar, yaitu Glasgow, dan Edinburgh, jarak kedua kota ini hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan Bus.  Sementara Kota Edinburgh, dapat dikunjungi melalui jalur darat dan udara dari London. Apabila menggunakan jalur penerbangan akan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Cara lainnya untuk sampai ke Edinburgh dapat menggunakan Bus atau Kereta.  Waktu terbaik mengunjungi wilayah Inggris bagian utara ini adalah pada musim hangat, yaitu sekitar bulan Juni sampai September. Setelah itu udara akan menjadi dingin, mengingat wilayah ini terletak di bagian utara.   Secara khusus   sepanjang bulan Agustus – September setiap tahun diselenggarakan Edinburgh Festival. Di mana saat itu banyak  kegiatan seni dan budaya digelar di beberapa tempat sepanjang hari, dan ini menjadi bulan  kunjungan wisata paling ramai.
endiburhg2endiburgt2
Dari beragam Festival dan pertujukan yang penulis saksikan sepanjang hampir 1 bulan penuh tersebut, maka yang paling menarik adalah pertunjukan Gelar pasukan pengawal kerajaan seperti defile pasukan,  marching band dengan alat musik khas scotland,  dan diakhiri dengan pertunjukan kembang api yang mengagumkan.  Gelar pertunjukan tersebut dilaksanakan di sebuah Benteng Tua (Edinburgh Castle).  Lokasi Benteng Tua (Edinburgh  Castle)  tersebut tepat berada di bagian tengah Kota Tua Edinburgh pada sebuah bukit,  di mana pada bagian lereng dan lembahnya  yang mendatar terdapat taman yang cukup luas, dan menjadi tempat lokasi favorit warga  dan wisatawan untuk rekreasi dan istirahat. Taman yang sangat luas tersebut, dipisahkan oleh Jalan utama Kota Edinburgh (Princess Street), dan di sepanjang jalan tersebut  berjejer Hotel, Hostel,  beberapa pusat perbelanjaan,  restoran, plaza dan pertokoan yang menjual aneka barang, terutama pakaian, sepatu, tas, dan jam serta beberapa souvenir Scotland. 
Sepanjang acara festival diselenggarakan ratusan ribu wisatawan akan datang dari berbagai penjuru dunia, untuk menyaksikan beragam pertujukan budaya yang digelar di beberapa gedung seni, resto dan bar.  Biasanya kegiatan ini juga diisi oleh artis seni dari beberapa negara yang datang untuk turut serta dan sekaligus menjadi arena promosi bagi negara yang bersangkutan.

Hal menarik lainnya, selama kami berkunjung ke Edinburgh, terlihat suasana kota yang bersih, indah dan teratur.  Kota dikelilingi dengan banyak taman kota yang luas, dan pada tempat tertentu taman-taman tersebut semarak dengan aneka bunga yang sengaja ditanam dan dipelihara dengan baik. Arsitektur kota hampir di seluruh wilayah Scotland memperlihatkan arsitektur peninggalan lama, dan sampai saat ini banyak Benteng Tua dengan taman  yang luas, terawat dan dipelihara dengan baik, dan menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata. Kota di kawasan Scotland sangat berbeda dengan kota London.  Bila kota London adalah kota metropolitan yang sibuk dan padat, maka kota di wilayah Scotland seperti Edinburgh adalah kawasan kota yang menyatu dengan panorama alam pedesaan dan alam pegunungan yang terasa segar dan nyaman.

Bagi Anda yang berkesempatan berwisata di kota Edinburgh, untuk mengawali wisata hari pertama penulis menyarankan  ikuti saja city tour menggunakan Bus yang tersedia di sekitar Princess Street  dan Waverley Street. Biasanya rute yang dilewati adalah rute yang memang menarik dan menjadi daya tarik kota Edinburgh seperti  Museum of Scotland,  Istana Holyroodhouse, St. Giles Cathedral, Observatorium, Old Royal  School, dan tentu saja Edinburgh Castle. Pada tiap lokasi bus akan  berhenti, dan kita dapat turun untuk melihat-lihat setiap lokasi. Dan untuk perjalanan berikutnya kita dapat menunggu bus yang sama atau bus lain yang melayani rute ini setiap 20 menit. Tiket bus yang kita beli berlaku selama 24 jam, mingguan bahkan ada yang bulanan, tanpa ada batasan dan jenis bus yang kita gunakan. 
glasgow Mengunjungi wilayah Scotland, akan terasa lebih lengkap bila berkesempatan  mencoba minuman yang mengandung alkohol dengan cita rasa Scotland, maka jangan ragu reguk Wiski sebagai minuman nasional Scotland.  Minuman Wiski,  di Scotland dianggap sebagai air kehidupan. Industri wiski kini telah tumbuh menjadi salah satu sumber penerimaan negara yang terbesar, menghasilkan  ratusan juta pound setiap tahun. Ingin menikmati irama alt tiup khas Scotland, maka susuri jalan di sekitar Princess Street, maka kita akan akrab mendengar Bagpipe yang dimainkan oleh para seniman jalanan.  Bagpipe adalah alat musik tiup khas Scotland dengan irama musik yang khas dan unik, alat tiup ini dapat dimainkan secara tunggal maupun berkelompok dipadukan dengan alat musik lainnya, dan alat musik ini menarik dimainkan untuk parade militer dan acara  sosial lainnya.  Umumnya para pemain Bagpipe akan menggunakan pakaian khas Scotland yang berbentuk rok wanita dengan warna dasar seperti putih, merah,hitam, biru atau hijau  dipadukan dengan motif garis membentuk kotak.

Untuk lokasi menginap, kami sarankan untuk memilih lokasi di sekitar Princess Street, pada sekitar jalan ini banyak tersedia hotel, hostel, lodges, bahkan service apartement bila kita ingin mengunjungi Kota ini untuk waktu yang lama, semuanya tersedia dengan harga terjangkau. Pemesanan kamar dapat dilakukan secara online, untuk akomodasi dapat menghubungi salah satunya visitscotland. Alasan utama agar memilih akomodasi di sekitar Princess Street, karena kita dapat berjalan kaki ke stasiun Kereta yang terletak di Waverley Bridge, lokasi ini berada di tengah Kota Tua Edinburgh. Selain itu dekat stasiun terdapat Edinburgh Information Center yang menyatu dengan sebuah pusat perbelanjaan, dan sekaligus berdampingan dengan taman kota  (Princess Street Garden).  Pada taman kota tersebut juga terdapat jam taman yang diisi dengan bunga aneka  warna, sehingga membuat taman menjadi lebih segar dan nyaman.  Jam taman tersebut, mengingatkan penulis dengan jam taman yang bentuknya hampir sama yang ada di kota Jenewa Swiss.
Scotland, ternyata tidak hanya menyajikan festival sebagai daya tariknya.  Wilayah pantai, danau dan pegunungannya juga menyimpan beragam keunikan, di mana semakin ke utara maka wilayah ini menjadi semakin menarik.  Untuk itu jangan lupa mengunjungi kota Invernes, Thurso dan Wick di bagian  paling utara Edinburgh atau melihat kota Glasgow yang pernah menjadi pusat industri perkapalan terbesar di Eropa. Scotland dengan balutan dan jejeran pegunungannya yang megah,  danau-danau yang membiru tamannya yang luas dan indah,  ditebari dengan banyak Benteng dan bangunan tua yang megah, serta keramahan warganya yang mengundang rasa hormat.  Semuanya  membuat kita menjadi terkesan dan  teringat serta menjadi daya tarik untuk datang dan datang lagi.(Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar