Jumat, 27 November 2009

Pesona Kuil Baha’i Haifa

Salah satu daya tarik Kota Haifa adalah keberadaan sebuah komunitas Baha’i yang menjadikan kota Haifa sebagai tempat paling kudus bagi  penganutnya. Dalam upaya menjadikan Haifa tempat paling kudus, komunitas ini membuat  arsitektur bangunan dan desain taman yang begitu indah, terletak di sekitar bukit Carmel. Komunitas Baha’i memang selalu identik dengan kota Haifa, karena pada dataran dan bukit Carmel komunitas Baha’i membangun sebuah pusat kegiatan dikelilingi  dengan taman yang menawan, yang diklaim sebagai taman holtikultura terindah di dunia. Keberadaan bangunan dan taman komunitas Baha’i, memang begitu dominan dalam menempatkan kota Haifa sebagai kota paling indah di Israel.
Baha’i merupakan sebuah komunitas yang menyatukan semua komunitas agama, serta percaya bahwa utusan Allah seperti Musa, Yesus dan Muhammad telah dikirim pada waktu dan sejarah yang berbeda serta dengan doktrin yang berbeda-beda agar sesuai dengan perubahan kebutuhan sosial, tetapi membawa pesan yang sama secara substansial. Sebagai sebuah komunitas dan mengklaim sebagai agama baru, maka komunitas Baha’i saat ini telah memiliki 166 rumah ibadah yang tersebar di Australia, Chili, Jerman, India, Panama, Samoa, Turkmenistan, USA, dan Uganda.
imageclip_image010imageclip_image004
Bangunan yang ada du Kuil Baha’i  merupakan bangunan dengan  arsitektur yang khas dan memperlihatkan begitu agung bangunan tersebut. Lebih dari itu pula di sekitar lokasi kuil di bangun taman dengan lansekaf yang begitu indah. Karena terletak di sebuah bukit, maka taman dibentuk dengan kontur yang berlapis-lapis membentuk teras. Di setiap teras bukit dibuat tangga naik, dan di kiri kanan di tanam pohon dari jenis conifer,  jenis palem, rumput yang hijau dan tanaman dengan bunga aneka warna. Pada beberapa tempat disediakan bangku taman untuk duduk santai. Di depan bukit ini membentang kota Haifa dan pantai yang putih, kota tua yang modern dan bentangan Laut Mediterania yang biru. Keindahan taman komunitas Baha’i tidak hanya terlihat rapi, indah dan nyaman  pada siang hari, namun pesona taman ini semakin terasa romantis bila berkesempatan melihat pada malam hari. Keindahan taman ini pada malam hari dapat di lihat dari jalan yang membentang di depan taman dengan latar bukit Carmel, atau dapat pula disaksikan dari puncak bukit Carmel dengan latar lampu kota Haifa dan Laut Mediterania.
haifaclip_image006 
Taman yang ada di sekitar kuil Baha’i di desain dan di bangun secara geometris berjenjang dengan teras-teras serta boulevard yang ditanami dengan tanaman pelindung dan tanaman bunga dengan aneka warna. Dan upaya desain dan pembangunan taman yang indah tersebut, dalam upaya menjadikan lokasi taman  masuk dalam peta dunia holtikultura, dan menjadikan sebagai taman terindah di dunia. adapun warna dominan baik bangunan dan taman di lokasi kuil Bahai’ adalah hijau, putih, merah, dan kuning, semuanya menyatu dalam harmoni keindahan.
 
Bangunan yang ada,  di desain dengan campuran antara gaya Barat dan Timur. Sedangkan kolom-kolom bangunan, di desain dalam gaya arsitektur klasik Romawi dan bentuk lengkungan yang ada merupakan gambaran arsitektur Timur. Bangunan yang ada di lokasi ini, merupakan symbol rumah suci yang menekankan pada kesatuan agama. Pada puncak bukit paling tinggi berdiri Bangunan gaya Korintus, yaitu Arsip Internasional Baha'i, dengan model kubah berbentuk bulat dan bangunan Baha'i Universal House of Justice.
Bila tertarik dengan taman holtikultura yang indah, arsitektur bangunan yang unik dan khas,   kehangatan pantai Laut Mediterania, serta lampu taman kuil Baha’i yang menawan, maka saatnya untuk kunjungi Haifa. (Januminro).

1 komentar:

  1. Wahai indahnya taman di kuil bahai Haifa, ....... Subhanallah

    BalasHapus