Jumat, 27 November 2009

Jerusalem, Kota Kebersamaan 3 Agama

Jerusalem merupakan salah satu kota tempat kelahiran peradaban manusia dan 3 agama besar di dunia, yaitu Kristen, Islam dan Yahudi, karena itu di kota Jerusalem memiliki tempat suci untuk beribadah bagi ketiga Agama tersebut.  Namun tragisnya, kota yang begitu diyakini sebagai simbol kebersamaan Tiga Agama tersebut, sepanjang sejarah menjadi tempat pertikaian dan pertumpahan darah, inilah kota yang dibangun dan dipertahankan di atas bergelimpangan ratusan ribu jiwa.  Bagi komunitas Jahudi Kota Jerusalem dianggap sebagai simbol kejayaan masa lalu, dan menjadi tonggak untuk menggapai masa depan.  Sedangkan bagi penganut Agama Kristen, kota  Jerusalem diyakini sebagai tempat Yesus mengakhiri khotbah yang terakhir, kota yang menjadi tempat kematian dan kebangkitan Yesus.  Dan bagi yang beragama  Islam, Jerusalem diyakini sebagai tempat di mana Nabi Muhammad SAW diangkat ke  sorga. 
Di kota Jerusalem, untuk beragama Islam terdapat Masjid Al-Aqsha terletak di Al-Haram asy-Syarif, Yerusalem Timur. Di Masjid  Al-Aqsha inilah   Nabi Muhammad SAW ketika diangkat ke Sidratul Muntaha ( tahun 621 M ) dalam peristiwa mi’raj untuk menerima perintah sholat.  Kemudian berdekatan dengan Masjid  Al-Aqsha  berdiri kokoh Masjid Umar dengan kubah kuning keemasan. 
imageGetsemane
Sedangkan bagi komunitas Kristen, di kota Jerusalem terdapat banyak bangunan gereja, di mana salah satunya  Gereja Makam Suci atau Gereja Kebangkitan, yang menurut tradisi Kristen, adalah situs tempat Yesus disalibkan dan dikuburkan mengikuti jalan-jalan terakhir di sepanjang Via Dolorosa.  Banyak para peziarah Kristen berjalan menyusuri Via Dolorosa mengikuti jalan terakhir Yesus.
DSC00121DSC00128aDSC00123
Bagi penganut Agama Jahudi, maka Tembok Ratapan merupakan tempat paling suci bagi komunitas Jahudi.  Setiap tahun jutaan pemeluk agama Jahudi datang melakukan ibadah dan menyelipkan catatan yang berisi keinginan di sela-sela batu bangunan tembok.  Bangunan Tembok Ratapan ini lokasinya berdampingan dengan Masjid Al-Aqsha.
Ingin mendapatkan pengalaman spiritual dan keagamaan dan menyaksikan dari dekat kota tempat lahirnya peradaban manusia dan 3 Agama (Kristen, Islam dan Jahudi), saatnya kunjungi Jerusalem. (Januminro).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar