Kamis, 26 November 2009

Pesona Danau Galilea

Pada setiap peta yang terkait dengan kawasan Israel, maka kita dengan mudah menemukan titik Laut Galilea berada. Galilea sebenarnya bukanlah laut, sama halnya dengan Laut Mati, namun sebuah Danau air tawar, dengan luas permukaan lebih dari 53 kilometer persegi, serta kedalaman sekitar 209 meter.  Kota Tiberias adalah kota yang terletak di pinggir Danau Galilea.  Mengunjungi Tiberias, sama juga dengan mengunjungi Danau Galilea. Kota Tiberias terletak di sebelah barat Danau Galilea, sekitar  210 m di bawah permukaan laut. Kini jumlah penduduknya sekitar 30 ribu orang dan hampir seluruhnya adalah orang-orang Yahudi.  Panjang danau Galilea 21 km, lebarnya 12 km, sedangkan dalamnya mencapai 48 m.  Danau Galilea, tersambung dengan Laut Mati oleh Sungai Jordan. Kalau Laut Mati airnya asin, maka Danau Galilea airnya  tawar.  Danau galilea selain memasok kebutuhan air,  kebutuhan ikan bagi lembah Jordan, sekaligus menjadi objek wisata dan olah raga air.
 imageDSC00066
Danau Galilea adalah danau yang sangat penting bagi Israel, karena danau ini menjadi sumber bagi penduduk untuk keperluan rumah tangga dan untuk mendukung kegiatan pertanian di sekitar lembah Jordan. Khusus untuk keperluan pertanian, Pemerintah Israel telah memompa air dari danau ini ke kolam-kolam buatan di sekitar bukit  dan kemudian melalui gaya gravitasi disalurkan menggunakan pipa dan parit khusus ke lokasi ladang-ladang pertanian. Dengan kemampuan teknologi irigasi tetes, Israel mengklaim diri sebagai negara yang memiliki teknologi irigasi terbaik di dunia. Keberhasilan Israel menggunakan irigasi tetes, dibuktikan dengan kemampuan mengubah lahan-lahan gersang di sekitar lembah Jordan menjadi kawasan pertanian dengan produksi yang melimpah. Produk pertanian utama, lembah Jordan antara lain : pisang, jeruk, mangga, anggur, kurma, dan apel serta sayuran. Hasil produk selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, kini telah di ekspor ke negara sekitar Israel. 
Pada tepi Danau Galilea terdapat pelabuhan wisata yang di gunakan untuk bertambat kapal-kapal wisata, yang siap membawa para turis berkeliling danau.  Aktivitas lainnya yang tersedia di kawasan danau ini antara lain Jetski, ski air, perahu layar  dan lainnya. untuk dapat sampai ke kawasan Danau Galilea, bagi penduduk bukan Israel, dapat ditempuh melalui Bandar Udara Ben Gurion, atau masuk melalui jalan darat dari negara Jordan  atau dari bagian Selatan melalui perbatasan dengan Mesir. Untuk akomodasi hotel, di sekitar danau dan kota Tiberias tersedia banyak hostel dan hotel dengan  tarif yang terjangkau, untuk konfirmasi pemesanan dapat dilakukan melalui internet.  Salah satu hotel yang ada di kota Tiberias adalah King Salomon Hotel.  Ingin melihat pesona lembah Jordan kunjungi danau Galilea. (Januminro). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar