Selasa, 10 November 2009

Legenda Keindahan Glencoe

Glencoe merupakan kawasan wisata paling menarik untuk dikunjungi karena legenda keindahannya di wilayah dataran tinggi Scotland. Glencoe adalah deretan pegunungan yang terbentuk dari strata tertua sedimen gunung api, yang terbentuk dan mengalami proses perubahan akibat peristiwa geologis sejak 380 juta tahun lalu, menyebabkan kawasan ini menjadi kawasan yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Yang menarik di bagian Selatan lembah Glencoe terdapat deretan pegunungan dan lembah gambut dan dataran rendah terisi dengan air serta  danau (Loch) Leven. Deretan perbukitan di sekitar Glencoe, bila hujan datang akan mengalirkan air yang segar dan mengisi lembah sungai dan danau di bagian kawasan yang datar. Airnya yang membiru dan tenang membuat banyak wisatawan yang datang menjadi terpesona.
Lokasinya secara geografis terletak di  bagian Barat Dataran Tinggi Scotland. Lokasinya memiliki jarak tempuh dari Kota Edinburgh atau dari Kota Glasgow kurang lebih 1 jam perjalanan. Kawasan Glencoe, adalah kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi dalam berbagai segi antara lain memiliki pemandangan gunung, pantai dan danau yang indah. Karena alasan itu maka Glenco, menjadi tempat wisata bagi mereka yang menyukai kegiatan mendaki gunung, panjat tebing, jalan santai, sepeda gunung, main sky di musim salju, paragliding serta melakukan aktivitas olah raga air.
Kawasan Glencoe, memiliki 4 musim sepanjang tahunnya, yaitu musim dingin pada bulan Januari – Maret, kemudian musim semi antara April –Juni, musim panas antara bulan Juli-September, sedangkan musim gugur pada bulan Oktober-Desember. Bila ingin berwisata sambil melihat salju menyelimuti kawasan ini, maka sebaiknya datanglah pada musim dingin. Apabila ingin menikmati indahnya danau, rawa yang digenangi air yang membiru, berjalan santai menyusuri lembah bukit yang datar atau berwisata air, maka datanglah pada musim panas.
Scotlnad1Meski pun kita datang pada musim panas, kita juga dapat mendaki salah satu bukit tertinggi yang ada di kawasan ini, kawasan gunung tersebut dikelola oleh Nevis Range Development Resort. Biasanya kawasan ini dijadikan sebagai lokasi bermain ski saat musim salju datang. Namun di musim hangat pun lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan. Untuk sampai ke puncaknya tersedia kursi gantung atau gandola yang membawa penumpang dari bagian terendah ke bagian pertengahan puncak, setelah itu untuk sampai ke puncak kita harus berjalan kaki menggunakan jalan setapak menembus kabut dan dinginnya udara. Meskipun saat pendakian pada akhir bulan September, ternyata cuaca sangat dingin sekali sekitar 10° C, dapat dibayangkan bila musim dingin datang. Di puncak bukit pada ketinggian sekitar 2200 kaki terdapat sebuah restoran yang menyediakan makanan dan minuman untuk penghangat badan, tentu minuman yang tersedia ada teh, kopi, wine atau minuman khas Scotland yang mengandung kadar alkohol untuk menghangatkan badan. Bila cuaca cerah, dari puncak kawasan Nevis Range ini kita dapat memandang panorama sekitar, selain itu kawasan ini juga digunakan untuk olah raga jalan kaki, sky di musim salju, juga digunakan untuk kegiatan olah raga paragliding.
scotland12
Kawasan Glencoe, berdampingan dengan sebuah danau (Loch) Leven, yang indah, menjadi tempat yang nyaman untuk sekedar dipandang sambil makan siang atau minum kopi atau teh yang terdapat di pinggir danau, atau lebih menarik lagi bila berkesempatan untuk naik canoe atau berkeliling kawasan menggunakan kapal pesiar yang tersedia. Selain itu bagi yang menyukai panorama pantai di sekitar lembah Glencoe akan mudah ditemukan gugusan pantai yang indah dan menarik dikunjungi, salah satunya adalah pantai batu besar di Cuil Bay, jaraknya sekitar 10 kilometer dari desa Glencoe. Lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau, dan menjadi tempat yang sesuai di musim panas untuk menyaksikan matahari terbenam.
Untuk mencapai kawasan Glencoe, ada penerbangan dari London dan beberapa kota di Eropa lainnya ke Bandar Udara Edinburgh atau melalui Bandar Udara Glasgow.  Dari Edinburgh atau Glasgow, jarak tempuh menggunakan jalan  darat sekitar 50 menit. Di lokasi tersedia banyak hotel,hostel, lodge dan resort dengan tarif terjangkau, pemesanan dapat dilakukan secara on line. (Jamuminro).
scotland5scotland10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar