Sabtu, 14 November 2009

Pesona Kota Tua Stirling - Scotland

Kota Stirling merupakan kota tua paling bersejarah di Scotland,  yang masih memiliki bangunan tua dengan arsitektur dari abad ke-12 dan pernah menjadi ibukota Skotlandia. Kota Stirling menjadi penting karena menjadi pintu gerbang dari wilayah dataran rendah menuju ke wilayah dataran tinggi Scotland antara lain ke Kota Inverness. Dari segi arsitektur bangunan dan penataan kota, kawasan Stirling, memang terasa kota yang bernuansa masa lalu,  dan di sekitar kota sangat terasa panorama pedesaan.
Sebagai kota yang telah berusia tua, maka salah satu lokasi objek wisata yang harus dikunjungi adalah Stirling Castle, yang terletak di tengah Kota Stirling, menjulang pada sebuah bukit. Dari atas benteng ini kita dapat melihat panorama Kota Stirling yang berada di sekitarnya, di mana pada salah satu sisi Kota memanjang Sungai Fort.  Bangunan ini dibangun oleh Raja David I Tahun 1130, yang berfungsi untuk menjadi benteng pertahanan dari serangan musuh.  Kunjungan ke lokasi benteng ini merupakan salah satu objek wisata wajib.   Letak dan bentuk bangunan benteng ini yang di bangun dengan kokoh di atas sebuah bukit, mengingatkan penulis pada sebuah benteng yang terdapat di kota Edinburgh, yaitu Edinburgh Castle.  Karena kedudukannya yang strategis, lokasi benteng ini dapat terlihat dari segala penjuru kota Stirling. 
Sepanjang sejarah berdirinya, tercatat bahwa  benteng ini pernah dikepung dan diserang sebanyak 16 kali.  Benteng ini menjadi saksi bisu pertempuran dan perlawanan untuk mempertahankan kota Stirling dari serangan musuh, ribuan tentara menjadi korban.  Salah satu pertempuran paling spektakuler adalah pertempuran yang dipimpin oleh  William Wallace melawan pasukan Inggris. Lebih dari itu pula benteng tua ini merupakan lokasi untuk prosesi pembaptisan para ratu dan raja Skotlandia, atau di beri mahkota, bahkan meninggal di dalam atau di sekitar Stirling. 
Bangunan Stirling Castle terdiri dari The Great Hall, di bangun antara tahun 1501 dan 1504 oleh Raja James IV. Kemudian The King’s old Building, merupakan bangunan  tertinggi, pembangunannya dilakukan oleh James IV pada tahun 1496. Bangunan Istana (The Palace), dibangun oleh Raja James V tahun  sejak tahun 1538 sampai selesai setelah dia meninggal tahun 1542, saat ini lokasi istana ditutup sementara karena ada renovasi sampai dengan tahun 2011.   Selain itu bangunan lainnya yang ada dalam benteng antara lain Kapel Royal, dibangun tahun 1594 oleh Raja James VI, yang digunakan untuk pembaptisan putranya Prince Henry.  Di dalam lokasi benteng juga tersedia cafe dan toko bagi pengunjung yang ingin membeli aneka souvenir khas Stirling atau hanya sekedar santai menikmati  secangkir teh atau kopi hangat.
Perjalanan ke kota tua Stirling, akan semakin lengkap bila berkesempatan  mengunjungi monumen Wellace yang terletak di bagian Utara Stirling. Bangunan monumen ini sangat jelas dari berbagai sudut kota karena di bangun pada salah satu bukit kota  Stirling. Monumen ini dibangun sebagai penghargaan kepada William Wallace yang sukses memimpin Skotlandia dalam salah satu pertempuran besar,  di mana Scotlandia (di bawah jejak William Wallace) berhasil mengalahkan Inggris dalam perjuangan kemerdekaan Scotlandia, selain itu di dalam monumen ini dapat menemukan informasi yang lengkap  tentang Battle of Stirling Bridge dan orang penting Scotlandia. Dari lokasi ini kita juga dapat menyaksikan keindahan  panorama kota Stirling dari berbagai sudut.
scotland9
Bila kita ingin mengunjungi kota Stirling, maka kita dapat menempuh perjalanan  darat dari London – Stirling. Namun bila transportasi udara, maka kita harus terlebih dahulu terbang dari London atau beberapa negara Eropa lainnya ke Kota Edinburgh  atau  Kota Glasgow.  Sedangkan dari Glasgow dan Edinburgh menuju Kota Stirling dapat ditempuh menggunakan jalur transportasi darat baik mobil maupun kereta, jarak tempuh terjauh adalah dari London dengan waktu sekitar 8 jam, sementara dari Kota Edinburgh jarak tempuh hanya sekitar 50 menit, atau dari Kota Glasgow dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Bila perjalanan dari London menggunakan Kereta atau Bus, maka kita akan menikmati perubahan suasana yang drastis. Kota London yang metropolis, sibuk dan padat, melewati panorama gunung, lembah, danau dan alam pedesaan dengan suasana hijau dan  tenang. Untuk lokasi menginap, tersedia banyak hostel, lodge, hotel kelas melati sampai dengan hotel berbintang. Sedangkan sarana transportasi  termurah untuk berwisata ke Stirling, gunakan jalur Kereta atau Bus.(Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar