Minggu, 01 November 2009

Menyusuri Alam dan Budaya Ubud-Bali

image

Bali memang tidak saja menarik dengan gugusan pantai yang mengitari seluruh Pulau Bali, namun ada daya tarik lainnya yang berada di daerah Ubud.  Ubud memang jauh dari kehidupan pantai, namun memiliki pesona lain yang  menjadi pelengkap Bali secara keseluruhan. Bila ingin menyusuri dan menikmati hasil karya seni, budaya dan alam pedesaan  serta hutan yang senyap, maka tempat yang sesuai untuk dikunjungi adalah Ubud. Saat ini pesona Ubud menjadi lebih terkenal sejak kehadiran dan Kedatangan aktris Hollywood Julia Roberts untuk  syuting film  'Eat, Pray, Love'.

image

Ubud adalah sebuah tempat wisata menarik yang nyaman untuk beristirahat,  terletak di daerah Kabupaten Gianyar, pulau Bali, Indonesia.  Sudah sejak lama kawasan wisata Ubud dikenal para wisatawan mancanegara karena keindahan lingkungannya yang menyatu dengan panorama alam pedesaan,   hamparan sawah  dan lingkungan hutan yang menyatu dengan bukit serta sungai dengan airnya yang mengalir bersih  yang membuat alam menjadi hijau, indah, dingin dan segar. Selain itu Ubud dikenal karena kreativitas seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Aktivitas kehidupan masyarakat Ubud tidak hanya telah menyatu dengan alam, serta memberikan inspirasi bagi mereka untuk menciptakan kreasi seni. Karena itu di kawasan ubud akan ditemukan banyak museum dan galeri-galeri seni yang memajang hasil kreasi seni berkualitas tinggi, serta kegiatan pertunjukan musik dan tari yang digelar dan menjadi bagian dari daya tarik wisata. Untuk Museum  seni, yang paling terkenal adalah Museum Rudana dan Rudana Art Gallery serta  Museum Puri Lukisan yang telah berdiri sejak tahun 1956.

Karena itu Ubud menjadi tempat para penikmat seni. Apabila ingin melihat proses pembuatan seni ukir kayu, maka kunjungi Desa Mas, di kawasan  ini akan banyak ditemukan galeri yang memerkan aneka ukiran dari kayu.  Sedangkan, bila ingin menikmati proses seni pembuatan emas dan perak sekaligus tempat untuk membeli souvenir yang khas, maka  kunjungi  Desa Celuk.

image

Selain itu bila memiliki waktu cukup lama menginap di Ubud, maka jangan lupa mengunjungi tempat menarik lainnya seperti Puri Agung Ubud yang terletak tepat di tengah kota Ubud. Puri Agung merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud pada zaman dahulu, serta sebagai pusat kegiatan seni budaya dan adat, yang diadakan di tepat di depan puri. Puri Ubud masih memiliki tata ruang dan bangunan yang dipertahankan seperti aslinya.

Tempat lainnya adalah Wanara Wana atau Hutan Kera, (lebih dikenal dengan Monkey Forest) adalah kawasan hutan yang terdapat di kawasan Ubud, tepatnya masuk ke dalam wilayah desa adat Padangtegal, Ubud. Dan kawasan ini menjadi salah satu lokasi shooting Film yang dibintangi oleh Julia Roberts. Di hutan ini terdapat sekawanan kera yang jumlahnya ratusan, yang telah menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Di kawasan ini terdapat pula Pura Dalem Padangtegal, yang didirikan pada awal abad ke-20.

Bila ingin melakukan aktifitas yang menantang, maka lokasi Tukad  (sungai) Ayung menjadi tempat yang sesuai untuk kegiatan arung jeram dan kayak. Untuk melayani keinginan kita berwisata arung jeram terdapat beberapa jasa wisata tirta yang menawarkan layanan ini. Yang menarik, di sepanjang tebing Tukad Ayung, kita dapat menikmati pesona alam yang indah.

Untuk kebutuhan tempat menginap, Ubud menawarkan banyak pilihan yang menawarkan "tempat menginap yang nyaman" menyatu dengan alam perbukitan, panorama sawah, hutan, tebing sungai dan suasana yang sepi.

image

Kemudian untuk  memuaskan selera kuliner, maka kawasan Ubud memiliki beberapa bar, resto, atau warung makan sederhana dengan berbagai menu lokal sampai menu international.  Khusus untuk kuliner khas Ubud, maka jangan lupa  menikmati  Bebek Bengil yang terkenal. Lokasi Restoran ini terletak di Jalan Hanoman sangat nyaman karena tersedia bale bengong (lesehan atau makan dengan duduk di lantai tanpa kursi) dengan meja panjang dan bantalan duduk, serta pemandangan alam yang indah. Untuk menu special, tersedia Crispy Duck, setengah ekor bebek yang digoreng kering dan renyah, disajikan bersama nasi putih, sayur kacang panjang bumbu bali, sambal matah (cabe potong dicampur bawang merah mentah dan minyak kelapa) dan sambal cabe merah.   Selain itu restoran ini juga tersedia menu  nasi goreng, nasi campur, gado-gado, spagheti, salad, dan beberapa macam kue-kue.

imageBagi yang suka menu lainnya,  yaitu Babi panggang Ibu Oka, yang terletak di Sentra Ubud.  Untuk menikmati Babi Panggang Ibu Oka ( Babi yang dimasak dengan cara di oven, dan bagian perutnya diisi dengan bumbu-bumbu khas Bali ), kita harus siap-siap antre, karena banyaknya peminat, selain itu hanya buka untuk keperluan makan siang.   Tempat makan lainnya yang terkenal adalah  Warung Bali Kadewetan, Warung Bali yang satu ini adalah pelopor dari warung nasi ayam di Ubud.  Menu yang tersedia adalah nasi campur ala Bali dengan cita rasa bumbu  Bali sangat khas, dengan lauk utama  Daging Ayam, Sate lilit, Telur serta Sayur dan tentu saja sambal yang enak.

Bila datang ke Bali, jangan lupa kunjungi dan nikmati keindahan alam, budaya dan kuliner Ubud. Selain itu untuk pelengkap perjalanan, selain Bali, kami menyarankan bila ada waktu untuk mengunjungi Pulau Gili Trawangan, yang terletak  di daerah Sengigi-Lombok. (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar