Sabtu, 07 November 2009

Wisata ke Kota Minyak

image

Bila ada kesempatan jangan ragu datang ke Kota Balikpapan, salah satu kota tersibuk di Propinsi Kalimantan Timur. Dan setiap warga Kota Balikpapan dengan bangga menyebut Balikpapan sebagai Kota Minyak, karena berdampingan dengan Pelabuhan Semanyang terdapat lokasi kilang pengolahan minyak bumi milik Pertamina, yang telah beroperasi sejak zaman pendudukan Belanda.

Untuk mengunjungi Kota Balikpapan sangatlah mudah, karena banyak tersedia penerbangan dari dan menuju Kota Balikpapan, baik melalui Bandar  udara  Internasional Sepinggan, melalui jalan Darat Trans- Kalimantan, maupun melalui jalur laut.

Hal yang unik yang ada  di Kota Balikpapan, terdapat adanya 3 monumen, yaitu monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) untuk mengenang perjuangan rakyat Balikpapan meraih dan mempertahankan kemerdekaan.  Lokasi monumen ini terletak di tengah Kota pada pinggiran pantai dengan taman yang luas dan asri, menjadi tempat yang nyaman untuk rileks. Selain itu terdapat pula monumen Jepang dan monumen Australia.  Untuk monumen Jepang terletak sekitar 15 km di sebelah Timur Kota Balikpapan, monumen ini dibangun di atas makam pemimpin tentara Jepang yang meninggal ketika mempertahankan dan menduduki  Kota Balikpapan dari serangan Tentara musuh.  Kemudian monumen Australia, pada sisi lain untuk mengenang korban pasukan divisi VII Australia yang gugur dalam pertempuran dengan tentara Jepang.

imageKota Balikpapan berada di pinggir pantai, sehingga wajar kalau beberapa bagian kota memiliki kawasan dan pemandangan pantai yang indah, dengan dukungan ruang terbuka hijau dan sejuk. Beberapa lokasi pantai yang dapat dijadikan sebagai lokasi rileks adalah pantai Manggar, pantai Lamaru, pantai Kemala, dan taman Bekapai.  Khusus untuk taman Bekapai sangat menarik bila dikunjungi pada malam hari, karena pada bagian taman ini terdapat patung perungu dan air mancur, dengan tambahan lampu, sehingga terlihat  cantik dan aktraktif. Kota Balikpapan, juga membanggakan diri sebagai Kota yang telah menyediakan sebagian kawasannya menjadi hutan lindung dan hutan Kota.  Hutan Lindung Sungai Wain terletak di bagian Utara Balikpapan, cakupan hutan lindung mencapai 20 % dari luas wilayah.

Balikpapan merupakan Kota utama dan tersibuk di wilayah Kalimantan Timur, sehingga wajar di Kota ini tersedia fasilitas yang  cukup lengkap untuk melayani perkembangan ekonomi Kota seperti hotel melati sampai hotel berbintang, Bandar udara International Sepingan, Pelabuhan Laut, Pusat Perbelanjaan, Bank, Taman Wisata, Balikpapan Superbloks, fasilitas olahraga, dan lainnya.

Untuk memuaskan selera, di beberapa sudut Kota Balikpapan tersedia restoran dan warung sederhana yang menyediakan kuliner dengan  cita rasa sea food seperti udang, cumi, kepiting, beragam ikan laut, serta ikan air tawar.  Bila ingin menikmati kuliner khas dengan suasana berbeda, coba kunjungi  Cafe dan resto yang ada di Bandar Balikpapan.  Lokasi Bandar Balikpapan terletak di pinggir pantai, dengan suasana pemandangan laut yang indah. 

Bila ingin pulang membawa oleh-oleh atau souvenir, maka kunjungi dulu Pasar Kerajinan Kebun sayur.  Kawasan ini secara khusus menjual beragam barang kerajinan khas Kalimantan Timur, seperti kerajinan manik-manik serta kerajinan khas dengan ornamen dayak. Bila tersedia dana dan waktu, tidak salah bila kita mengunjungi Balikpapan. (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar