Kamis, 08 Oktober 2009

Haifa Kota terindah di Israel

Ketika berkesempatan melakukan wisata ke wilayah Israel beberapa waktu lalu, penulis sempat singgah dan mengujungi Kota Haifa. Haifa adalah Kota terbesar ketiga di Israel setelah Tel Eviv dan Jerusalem, posisinya sangat strategis dan menarik, karena berada diujung sebuah teluk yang sangat indah. Haifa merupakan kota industri dan perdagangan, karena berada dipinggir pantai dan teluk, sekaligus menjadi kota pelabuhan terpenting bagi Israel. Setelah melakukan perbandingan dengan beberapa kota lainnya yang sudah dikunjungi, maka sangat wajar kalau penulis katakan kota Haifa adalah kota terindah di Israel. Untuk itu penulis merekomendasikan kota ini layak dikunjungi apabila rekan-rekan memiliki dana yang cukup untuk itu.
Kota Haifa saat ini didiami tidak kurang dari 300.000 jiwa, dan kota ini dapat menjadi salah satu kota dengan keberagaman agama yang harmonis, karena didiami oleh beragam bangsa dan agama antara lain Yahudi, Islam, Kristen, dan sekte Bahai yang hidup berdampingan. Masing-masing komunitas agama yang ada disana memiliki lokasi-lokasi tempat peribadatan yang patut untuk dikunjungi. Salah satu tempat peribadatan yang menarik dan harus dikunjungi selain lokasi lainnya adalah sebuah komplek Sekte Agama Bahai.
Kuil Bahai Pada salah satu bukit yang indah yang ada di Kota Haifa, Sekte Agama Bahai membangun sebuah kuil beratapkan emas dalam gaya Partenon Yunani Kuno dengan taman yang begitu indah dan luas. Sekte Bahai merupakan agama yang cukup baru karena kegiatannya baru dimulai di Iran pada sekitar abad 19. Nabi Baha Ullah adalah Pendiri Sekte Bahai yang hidup dalam abad XIX di Persia. Baha Ullah (=kemuliaan Allah) sendiri konon menerima wahyu seperti Musa, Kristus dan Muhammad. Para pengikutnya memaklumkan kesamaan semua ras, mengupayakan perdamaian dan persatuan semua agama. Saat ini sebagian besar penganut sekte ini tinggal di Amerika. Kata bahai sendiri berasal dari kata Arab Persia yang artinya sama dengan kemuliaan.
haifaSetiap tahun puluhan ribu orang Indonesia yang berkunjung ke Israel dalam rangka melakukan wisata rohani, antara lain mengunjungi Kota Jerusalem, Betlehem, Jericho (dikuasai palestina), Laut mati, Haifa dan beberapa Kota lainnya. Untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya menggunakan fasilitas Agen Perjalanan, ini mengingat untuk memasuki wilayah ini perlu ektra karena wilayah yang rawan komplik.

2 komentar:

  1. Keren juga ya bisa ke Israel. Sama dengan negara lain di dunia, negeri ini juga memiliki tempat-tempat wisata untuk para turis, termasuk para turis dari Indonesia.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus
  2. Thn.2017.juni menginjakan kaki di kota ini.mmg luar biasa indahnya.pelabuhan international.tempat ibadah kaum bahai yg dikelilingi taman yg indah.mmg betul2 cantik.lupa bahwa sedang berada di timur tengah

    BalasHapus