Selasa, 27 Oktober 2009

Wisata Gili Trawangan - Sengigi

image

Ingin menemukan keindahan baru, selain pantai Bali, maka coba datang ke Gili Trawangan- Sengigi Lombok.  Pasti ada sesuatu yang lebih alami yang kita nikmati di kawasan pulau wisata ini.  Inilah pulau dengan balutan pasir putihnya, airnya yang membiru, aneka kehidupan biota laut yang mempesona serta ombaknya yang menggoda bagi para peselancar, penikmat kayak, scuba diving dan snorkeling.

Gili atau dalam istilah penduduk setempat pulau, merupakan gugusan 3 pulau, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno  dan Gilin Air.  Dari ketiga pulau tersebut, maka Gili Trawangan menepati daratan yang paling luas dengan jumlah populasi penduduk terbanyak diantara ketiganya.  Karena itu, pusat kunjungan wiasatawan akan terpusat di Gili Trawangan. 

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat, dan lokasinya berjarak sekitar  40 km atau waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Mataram.  Untuk sampai ke kawasan gugusan Gili Trawangan, dapat ditempuh melalui alternatip  Mataram-Hutan Pusuk- dan Desa Pamenang.  Sedangkan alternatip lain melalui trayek Mataram-Sengigi- Desa Pamenang.  Kalau melewati alternatip pertama, bila berada dikawasan Hutan Pusuk, maka kita akan dapat berhenti disalah satu kawasan hutan Pusuk untuk  sekedar bermain-main dengan sekumpulan kera liar penghuni kawasan tersebut.  Sedangkan alternatip kedua, yaitu melewati salah satu pariwisata Andalan Propinsi NTB dan kini dijadikan salah satu destinasi wisata Nasioonal, yaitu Senggigi. Sampai di Desa Pamenang, selanjutnya kita dapat menumpang boat menuju ke salah satu gugusan pulau, di perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 25 menit kita akan dapat menikmati panorama pantai dan pesona kehidupan bawah lautnya.

Di kawasan ini tersedia  beberapa resort,  Bungalows, cottage dengan tarif beragam, dari yang berharga kelas melati sampai yang bertarif hotel bintang. Untuk berkeliling sekitar pulau tersedia penyewaan sepeda dan alat angkut  dokar atau codomo yang ditarik kuda.  Sedangkan untuk menghubungkan transportasi antar pulau tersedia perahu motor dan speed boat.

Bila berkesempatan, menginap di kawasan ini terutama di Gili Trawangan, maka kita menemukan suatu suasana yang berbeda.  Bila siang hari kawasan ini terasa senyap, karena para wisatawan/turis sebagian besar pergi menimkmati keindahan pantainya untuk bermain kayak, berselancar, Scuba Diving, Snorkeling atau aktivitas pantai lainnya.  Namun, bila senja menjelang malam, suasana senyap berubah menjadi ramai dari aktivitas turis yang hilir mudik dan bersendau gurau, untuk makan, minum di beberapa bar, resto dan  cafe sambil mendengarkan musik dan sebagainya.

Menikmati Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air adalah wisata bersahabat dengan ombak, menikmati pesona alam bawah laut dan hiruk pikuk pesta yang memecah kesunyian pulau.   Mari menikmati suasana Gili Trawangan. (Evi Veronica).

1 komentar: