Senin, 12 Oktober 2009

Pesona Pantai Sanur

100_1538 Pantai Sanur adalah salah satu pantai dari jejeran beberapa pantai lainnya yang ada di Bali, bagi yang pernah mengunjungi  Bali dan selama ini menjadikan pantai Kuta sebagian tujuan wisata, maka inilah wilayah pantai yang sangat nyaman di Kawasan Bali.

Dibandingkan kawasan pantai lainnya di Bali, Sanur terkesan lebih tertata, rilek, bersih dan nyaman, karena di kawasan ini tersedia akses untuk pejalan kaki untuk menikmati keindahan pantainya.

Kalau biasanya ketika datang ke Bali, penulis selalu menginap dikawasan hotel sekitar Pantai Kuta, maklum kunjungan tersebut beserta keluarga dan anak-anak. Kondisi pantai Kuta saat ini memang masih tetap menjadi wilayah favorit turis, namun semakin hari kondisinya menjadi kurang nyaman lagi, karena banyaknya pedagang asongan, kemacetan pada saat musim libur, hingar bingar hiburan, dan aktifitas lainnya.

pantai sanur

Apabila Ingin menikmati wilayah pantai yang nyaman dan teduh, maka sebaiknya tinggalah disekitar pantai Sanur.  Memang wilayah Pantai Sanur tidak seramai Pantai Kuta, dengan jejeran shoping mal, dan toko souvenir dan kegiatan hiburan malam lainnya. Dan Sanur selalu identik dengan wisatawan paruh baya, mahal dan ekslusif.  Namun setelah penulis mencoba datang dan menginap sekitar awal September lalu (09/2009), ternyata di kawasan ini tidaklah seeklusif seperti dibayangkan selama ini, dan di kawasan ini tersedia beberapa Hostel, wisma, hotel, bintang dan non bintang, dengan harga bervariasi antara Rp.150.000 – Rp. 5 Juta.

Untuk menikmati Pantai Sanur, biasanya penulis mencari hotel  dengan  kisaran Rp. 200.000/malam, namun memiliki fasilitas yang memadai kamar standar ukuran sekitar 4 x 5 m, AC, dan fasilitas air hangat.  Selain itu fasilitas lainnya tersedia kolam renang, akses internet, dan dekat dengan lokasi makan, serta tak jauh dari pantai. Salah satu hotel yang pernah penulis gunakan selama berwisata ke Pantai Sanur adalah hotel Wirasana, yang terletak di Jl. Danau Temblengan-Sanur.

Untuk mencapai pantai Sanur, apabila Anda langsung datang menggunakan jalur udara dari Bandara Ngurah Rai.  Maka disamping kiri pintu keluar, tersedia Taksi resmi bandara, dengan tarif sekitar Rp. 150.000.

Sangatlah nyaman, menikmati Pantai Sanur dengan cara berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang telah diberi pavingstone, dan pepohonan yang teduh serta jejeran cafe untuk  makan minum dan  bersantai, sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin.  Memang terasa melelahkan bila harus berjalan kaki dari ujung ke ujung pantai Sanur.  Selain berjalan kaki, penulis biasanya untuk menikmati pantai Sanur dan sekitarnya dapat menggunakan sepeda yang banyak disewakan dengan tarif Rp. 20.000/hari, lengkap dengan helm dan kunci pengaman.

sanur bali2sanur bali1 

Dikawasan ini juga tersedia berbagai fasilitas untuk kegiatan wisata  pantai dan air, antara lain jetsky, banana boat, parasailing, dan perahu layar, dan  dari sini tersedia fasilitas untuk mengunjungi pulau nusalembongan.  Beberapa kegiatan dan fasilitas tersebut, ternyata tidak tersedia di pantai Kuta. Jadi kalau ingin rileks berwisata pantai datang saja ke Sanur, namun kalau ingin wisata pantai sambil melihat hingar-bingar hiburan malam, lokasi yang cocok tentu pantai Kuta. Silahkan Pilih sendiri ! Selamat berlibur. (Januminro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar