Selasa, 06 Oktober 2009

Intip Tujuan Wisata Secara Online

google1

Sebelum memulai perjalanan wisata hemat ke suatu tempat tujuan wisata atau kota tertentu, maka sudah saatnya kita mengintip situasi beberapa tujuan wisata dan kota yang akan kita kunjungi dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan   Google secara gratis (namun ada yang berbayar). Fasilitas tersebut adalah Googgle earth yang saat ini telah tersedia versi terbarunya.

Google yang dikenal sebagai search engine terbesar di dunia, kini menambah aplikasi barunya yaitu Google Earth. Google Earth adalah sebuah aplikasi dari Google yang memungkinkan para pengguna internet menjelajah hampir seluruh bagian bumi.

 Google Earth merupakan sebuah program gobal virtual  yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.  Untuk  penjelasan secara lengkap pemanfaatan dan penggunaan fasilitas tersebut dapat lihat di  earth.google.com/intl/id/enterprise/earth_server.html.

Gambar berikut ini adalah salah satu hasil browsing earch google image(sebagian dari Kota Palangka Raya- lokasi sekitar Stadiun Sanaman Mantikei)  dan  hasil gambar tersebut masih bisa diperbesar, sampai kita dapat mengenali rumah tempat tinggal kita.  Bahkan yang versi Pro, memiliki tingkat pembesaran dan kenampakan yang lebih baik lagi.

Google menyediakan aplikasi ini secara gratis yang dapat didownload melalui link URL berikut : http://earth.google.com/download-earth.html, sedangkan penggunaanya dapat ditempuh seperti ini :

  1. Lansung kunjungi web  http://earth.google.com/download-earth.html, setelah selesai proses download, lalu cari lokasi yang dinginkan atau lokasi kota tempat tinggal kita, dengan mengisi kota atau tempat yang dituju di kolom search, pada kolom Fly To.  Masukanlah lokasi nama tujuan yang spesifik, misalnya Surabaya, Jakarta Timur, Phuket, dan  sebagainya.
  2. Selanjutnya telusuri lebih detil lagi kawasan jalan, atau gedung, pantai, bukit, gunung yang dituju dengan  meng-zoom, agar lokasi terlihat lebih jelas, dan  bila sudah didapat beri tanda pada lokasi dengan klik Add Placemark.

Lebih dari itu google earch juga dapat digunakan untuk menentukan jarak , waktu dan cara mencapai lokasi satu dengan lokasi lainnya.  Di mana untuk itu masing-masing lokasi harus terlebih dahulu diberi tanda. Bahkan fasilitas yang tersedia dapat menuntun kita melakukan perjalanan dari suatu Kota ke Kota lainnya menggunakan  kendaraan.

Saat ini fasilitas google earch, telah digunakan secara luas untuk menandai lokasi dan tempat strategi di beberapa Kota di dunia, hotel misalnya  pada situs-situs travel, telah ditandai posisinya.  Dengan mengetahui lokasi tersebut, kita langsung dapat mencetak peta tersebut dan menjadikan sebagai pedoman perjalanan pada tujuan wisata dimaksud.  Dari posisi hotel tersebut (bila kita menginap disitu) maka dengan mudah kita dapat mengetahui jarak, trayek jalan dan lokasi aktifitas lainnya. Bahkan rumah kita sendiri bisa kita tandai agar rekan-rekan yang sebelumnya belum tahu posisi tepat akan mengetahui di mana rumah kita.

Dengan demikian sudah saatnya kita manfaatkan secara maksimal Teknologi Informasi, upaya tersebut termasuk menjadi salah satu trik untuk berwisata hemat.   (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar