Selasa, 13 Oktober 2009

Pesona Kepulauan Seribu-Jakarta

image

Jakarta adalah Jakarta. Semua kita mengenal dengan baik kota dengan beragam fungsi, sebagai Ibukota Negara, Kota Industri, Kota Jasa, dan Kota yang dijejali puluhan juta warganya. Ternyata Jakarta menyimpan lokasi wisata pantai yang ideal untuk dikunjungi, yang terletak tidak jaug dari Jakarta.  Lokasi tersebut menjadi idela dikunjungi diakhir pekan atau waktu-waktu tertentu lainnya selepas diterpa rasa bosan dan jengkal menjalani lalu lintas Jakarta yang selalu macet.

jakarta

Selama ini kita banyak familiar mengenal wisata Jakarta dengan Dunia Fantasi, Sea Wolrd, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional atau berwisata belanja mengunjungi kawasan Pasar Pagi Mangga Dua.  Ternyata Jakarta, juga dengan gugusan Kepulauan Seribu menyimpan  lokasi wisata Pantai yang indah, yang patut untuk dikunjungi bila ada kesempatan.

Lokasi wisata Kepulauan Seribu, terletak di bagian Utara Kota Jakarta, di mana untuk menjangkau kawasan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor dari anjungan Marina Ancol. 

Kepulauan Seribu adalah kumpulan dari ratusan pulau-pulau kecil yang berjejer dan tersebar, dengan hamparan pasir putihnya dan kehidupan biota lautnya. Beberapa kawasan Pulau di kepaulauan Seribu dikelola oleh beberapa fihak swasta, dengan dilengkapi fasilitas menginap serta didukung dengan fasilitas olah raga air.

image Salah satu Pulau di Kepulauan Seribu  yang pernah penulis kunjungi selama beberapa hari adalah Pulau Ayer.  Lokasi ini sangat mudah dijangkau dari Jakarta, jarak tempuhnya sekitar 45 menit menggunakan kapal cepat  atau speed boat. Lokasi Pulau ayer dilengkapi dengan fasilitas cottage berbentuk panggung, di mana satu  bangunan dengan bangunan lainnya dihubungkan dengan jembatan kayu.  Cottage  tersebut dibangun dipinggir pantai, diatas air laut, sehingga gempuran ombak ditengah malam akan memecah kesunyian. 

Selain penempatan beberpa bangunan yang khas,  kawasan ini juga dilengkapi dengan fasilitas mini market, kolam renang, lokasi bermain anak, ruang karaoke, lokasi memancing, jet ski dan banana boat, canoe, fun bike, volley pantai, basket.  Dan juga dapat melakukan olah raga jalan kaki atau bersepeda mengitari pulau.  Tarif yang dikenakan untuk sekedar tour harian atau menginap selama beberapa hari, cukup terjangkau.

Pengalaman mengunjungi Kepulauan Seribu dengan Pulau Ayer, menyadarkan penulis, ternyata Jakarta tidak sekedar Kota dengan kesibukan bisnisnya dan simpul kemacetan, juga menyimpan mutiara indah yang terletak  di Utara Jakarta.  Saatnya datang ke Pulau Seribu untuk menambah pengalaman ! (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar