Senin, 26 Oktober 2009

Wisata Budaya Palangka Raya.

Rumah Betang1

Untuk  menyaksikan wisata budaya di Kota Palangka Raya, datanglah pada saat event festival budaya diselenggarakan, sekitar bulan Mei, event ini merupakan event rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah dan diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

DSC00029aFestival Budaya Isen Mulang merupakan festival kebudayaan Dayak yang dilaksanakan setiap tahun (19—24 Mei) dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian festival ini, antara lain, pertandingan sepak sawut (sepak bola api), lomba jukung hias, lomba manyipet (menyumpit), dan pemi­lihan duta wisata. Festival ini dilaksanakan di Kota Palangkaraya dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

DSC00024 Selain itu, Anda juga dapat melakukan perjalanan wisata seputar Kota Palangka Raya, dan dapat singgah diberbagai lokasi menarik untuk melihat beberapa identitas simbol budaya Dayak Kalteng, misalnya rumah panggung yang terletak di halaman Kantor Gubernur  Palangka Raya.  Atau dapat melihat beberapa objek budaya lainnya seperti lokasi sandung  Ngabe Sukah, yaitu sebuah tempat penyimpanan tulang belulang yang terletak di Desa Pahandut - kawasan kota lama Palangka Raya. Apabila ingin lebih dalam lagi, kunjungi Museum Negeri Palangka Raya yang terletak di Jalan Cilik Riwut Palangka Raya.

Selain wisata budaya,  Kota Palangka Raya juga memiliki kawasan yang khas dan unik yang  menarik untuk dilihat dan dinikmati yaitu pesona wisata susur sungai dan danau  serta  keindahan Kereng Bangkirai di bagian Selatan Kota.

Untuk menjangkau Kota Palangka Raya, melalui transportasi udara, tersedia penerbangan  Jakarta-Palangka Raya dan Surabaya-Palangka Raya, selain itu dapat dijangkau melalui Kota  Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, dari Sampit 5 Jam, atau dari Pangkalanbun dengan waktu tempuh 12 jam perjalanan. Selamat berwisata budaya (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar