Minggu, 18 Oktober 2009

Wisata ke Kota Nokia – Tampere, Finlandia

map finland
Handphone Nokia selalu identik dengan  Kota Tampere, yang terletak di bagian  utara negara Finlandia. Dan di Tampere, ada sebuah wilayah yang bernama Nokia. Dan dari Kota Tampere inilah, binis Nokia dimulai dan akhirnya berkembang seperti saat ini. Pertumbuhan bisnis Nokia sendiri bermula dari kegiatan pada industri  Paper dan Rubber.
Kota Tampere  adalah Kota yang dibangun sejak tahun 1779, dan saat ini didiami   sekitar 200.000 jiwa.  Kota ini menjadi menarik karena diapit oleh 2 danau, sehingga menampilkan arsitektur pemandangan yang indah.  Kota ini dikenal sebagai Pusat riset, pendidikan, kebudayaan, olah raga dan tentu saja bisnis.  Namun demikian kota ini menjadi kota yang dinamis dan nyaman untuk dikunjungi. Tampere, menjadi kota penting kedua di Finlandia setelah Kota Helsinki.
finlandia
Untuk mengunjungi Kota Tampere  dapat ditempuh melalui jalur darat  dari Kota Helsinki (Ibukota Finlandia) dengan jarak hanya  160 km, dengan waktu tempuh antara 90 menit sampai 2 jam menggunakan bus dan kereta.   Sementara dari Jakarta  penerbangan dapat menggunakan British Airlines (BA) atau KLM, dengan route Jakarta-Kuala Lumpur-Amsterdam- Helsinki, dan dari Helsinki dilanjutkan menggunakan jalur darat ke Kota Tampere.
Cara terbaik untuk mengunjungi Kota Tampere dan Helsinki adalah pada saat Kota menyelenggarakan event pestival tahunan, karena saat ini banyak aktifitas seni budaya pertunjukan disajikan. Terutama pada sekitar bulan Juli dan Agustus bertepatan dengan Festival Floral, dimana penyelenggaraannya dilakukan secara meriah.
Finlandian adalah negara yang mampu memanfaatkan secara maksimal potensi Sumber daya alamnya, di sana cakupan hutan hampir 70 % dari luas wilayahnya, kawasan hutan dipelihara sehingga menghasilkan bahan baku untuk keperluan indutri kertas dan furniture.  Hasil produksi diekspor ke berbagai negara, dan sebagian besar sumbangan devisa dihasilkan dari ekspor dan pengolahan hutan.  Potensi gambut dimanfaatkan sebagai bahan pembangkit listrik, danau-danau yang mengitari dan bertebaran di hampir semua wilayah dimaksimalkan menjadi objek wisata alam, yang selalu dikunjungi para wisatawan. wisata alam danau dan hutan, merupakan inti utama pariwisata Finlandia.  Untuk menjadikan sebagai inti pariwisata, maka setiap wilayah didukung dengan infrastruktur  jalan mulus, lebar dan nyaman.  Hotel tersebar di banyak tempat, dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. Dukungan promosi pariwisata yang gencar. Dan tentu saja keramah-tamahan warganya, yang membuat kita menjadi berlama-lama tinggal disana.
Kegiatan wisata menjadi lebih nyaman, terutama bagi mereka yang suka jalan kaki dan bersepeda, karena di beberapa jalan utama kota tersedia, jalur khusus untuk pejalan kaki dan sepeda. Pada kiti-kanan jalan terhampar rimbunya hutan dan danau, dengan warna kehijauan, bersih dan pada beberapa tempat terhampar taman bunga beraneka warna. Semuanya membuat kita menjadi segar, nyaman dan lega. 
Saatnya kita banyak belajar dari Finlandia, karena Indonesia memiliki banyak hal, terutama sumber daya alam yang melimpah.  Tampere, bermula dari Nokia, menyebar keseluruh dunia, dan menjadi sumber ekonomi yang mensejahterakan warganya. Tampere tidak sebatas Nokia, namun juga keindahan danaunya  yang menjadikan kota lebih indah dan segar. Oh, indahnya ! (Januminro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar