Minggu, 11 Oktober 2009

Wisata Bunaken - Manado

Manado ternyata tidak sekedar memandang keelokan noni-noninya yang cantik, bubur ayamnya segar atau rica-ricanya pedas,  tapi Manado adalah pesona dunia bawah laut dengan pemandangan batu karang aneka warna dan  beragam ikan yang saling berkelompok dan berkejaran,  mengundang kita untuk bercengkrama.
Manado selalu identik dengan Bunaken.  Bunaken memang patut dikunjungi apabila Anda pecinta keindahan bawah laut, karena inilah sorga keragaman biodiversity yang tertinggi didunia  dan lebih dari itu lokasinya sangat mudah dijangkau dari Kota Manado. 
Bunaken secara  geografis berada diteluk Manado, dan dijejeri olehbunaken-map oleh Pulau seluas 76.000 Ha, yaitu meliputi  Pulau Bunaken, Pulau Naen, Manado Tua, dan Mantehage.  Di mana lokasi yang paling sering dikunjungi adalah lokasi sekitar Pulau Bunaken, dan disekitar Bunaken tersedia beberapa titik penyelaman untuk melihat keindahan bawah laut.
Kota Manado sendiri dapat dikunjungi dari berbagai tempat, untuk Anda yang berada di Pulau Jawa dan Sumatera, maka penerbangan dapat ditempuh dari Bandara Soekarno Hata atau dari Surabaya. Sedangkan untuk mencapai Bunaken dari Manado, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kapal  atau Speed Boat.
Tarif kapal untuk kapasitas sampai 12 –15 orang, akan dikenakan tarif sewa sekitar Rp. 1.000.000. Sewa ini menjadi murah kalau dibagi sesama rombongan. Setiap kapal, dilengkapi dengan kotak kaca yang dapat digunakan untuk melihat keindahan bawah laut.  Sedangkan untuk Anda yang ingin menyelam, tersedia peralatan selam untuk disewa serta pemandu.
Untuk menginap, tersedia jaringan resort dikawasan Bunaken dengan tarif yang aduhay, namun bagi Anda yang ingin berhemat-hemat disekitar  Manado tersedia hotel dan Penginapan dengan sewa yang terjangkau.
Selain itu Manado juga menarik bagi mereka pecinta Kuliner, dari Bubur Manado yang khas atau masakan rica-ricanya yang pedas, woku-woku, atau sop asam manis, serta sayur ca kangkung dan ikan bakarnya yang lezat.
Untuk  mencicipi Kuliner bubur Manado  yang nyaman dan khas dengan cita rasa menggoda, dapat mengunjungi kawasan yang menjadi pusat  Bubur Manado  tepatnya Jl Wakeke, di lokasi jalan yang agak sempit ini terdapat jejeran   rumah makan atau kios-kios yang khusus menjual Bubur Manado.  Sedangkan untuk ikan bakar dapat mengunjungi beberapa restoran yang berjejer di Boulevard Pantai Manado.
Manado memang tidak sekedar Bunaken, tapi ada lokasi wisata lainnya lainnya yang terdekat antara lain Kota Tondano dengan danaunya yang elok dan tentu saja jangan lupa Kota Tomohon, dengan semarak bunganya.  Untuk menjangkau kedua Kota tersebut sangatlah mudah, karena jaraknya sekitar 35 km atau kalau ditempuh berkendaraan roda 4 sekitar 1 jam perjalanan.
Nah, kini saatnya kita melirik Manado dengan keindahan  Bunaken, wisata Kuliner dan noni-noni yang cantik. Tertarik ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar